0
Iler merupakan tanaman hias yang mudah dijumpai di pekarangan rumah, atau bahkan di ladang. Warna daunnya merah sampai ungu dan berbulu menjadi daya tarik sendiri. herba tumbuhan Iler mempunyai karakter kimiawi harum, berasa agak pahit, dingin mempunyai kandungan kimia sebagaimana berikut.


Daun dan batang : minyak atsiri, fenol, tannin, lemak, phytosterol, kalsium okasalat, serta peptik substabces.
Komposisi kandungan kimia yang berguna antara lain alkaloid, etil salisilat, meta eugenol, timol karvakrol serta mineral.

Tumbuhan Iler bisa menyembuhkan hepatitis serta menurunkan demam, batuk serta influenza. Selain itu daun Iler bisa juga menetralisir racun, menghalangi perkembangan bakteri, mempercepat pematangan bisul, pembunuh cacing, wasir, peluruh haid, memecah gumpalan darah, gangguan pencernaan makanan, radang paru, digigit ular berbisa dan serangga. Sisi akar tumbuhan ini bermanfaat buat mengatasi perut mulas serta diare.

Dalimartha juga menyebutkan bahwa tumbuhan iler dapat menyembuhkan radang telinga, mengeluarkan cacing gelang dari perut. Namun dengan catatan ibu hamil dilarang meminum rebusan iler ini karena bisa mengakibatkan keguguran.

Untuk mengobati radang usus:

daun iler segar 12 helai,
bawang merah sangrai 1 butir,
rimpang kunyi 1 ruas ibu jari,
patikan cina segar 7 g,
menyan madu 1/2 gr,
air 110 ml,
dalam wadah dihaluskan,
lalu diminum untuk 2 kali minum dalam 1 hari.

Untuk mengobati wasir:

daun iler 12 helai,
daun wungu 7 helai,
pegagan 1 genggam,
air secukupnya lalu dihaluskan,
airnya diminum 1 kali sehari 1/4 gelas.

Source URL : http://www.cerminan.com/berita/tanaman-ini-bisa-menghancurkan-berbagai-penyakit-ganas-dan-mematikan-ini-cara-membuat-ramuannya.html

Posting Komentar

 
Top