0
Share/Bookmark
Kalau bertanya kepada khalayak, sepeda motor yang terbukti bandel dan irit di Indonesia, tentu mereka berucap sama, Honda. Jika ditanya lagi sepeda motor yang terbukti tangguh sejak puluhan tahun; bernilai jual tinggi dan pemakaian BBM paling irit, mereka juga mengucap satu kata, Honda.
Merek Honda secara tidak resmi sudah tertanam di benak rakyat Indonesia. Itu bisa dibuktikan jika kita mendengar percakapan keseharian masyarakat Indonesia tentang sepeda motor. Mereka kadang mengatakan Honda untuk menyebut sepeda motor.
Di Sumatra Barat hal itu memang terjadi. Masyarakatnya menyebut sepeda motor dengan Honda. Tidak merek lain. Hal ini sudah terjadi sejak produk Honda menyerbu Sumbar tahun 1970-an. Mungkin di daerah lain fenomena seperti ini juga terjadi.
Dengan demikian, Honda menjadi merek dagang yang dicintai dan diterima masyarakat. Ini menjadi pertanda Honda merajai pangsa sepeda motor di Indonesia. Keunggulannya antara lain, mesinnya yang  bandel. Lihatlah Astrea tahun 70-an (dikenal Astrea Bulan-Asbul) sampai saat ini masih berseliweran di jalan.
Selain itu, harga jualnya tinggi. Jadi, pemilik Honda tidak perlu takut harganya jatuh saat dijual. Karena, kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor Honda baik yang baru atau bekas, kalau dijual harganya tetap saja tinggi. Ini sudah terjadi bertahun-tahun lama dan tetap terus bertahan.
Kalau dirunut ke bawah, adapaun kelebihan sepeda motor Honda terletak pada pemakaian bahan bakarnya yang irit. Lalu sudah sangat dikenal masyarakat, kemudian harga jual tinggi, suspesnsinya enak, teknologinya canggih dan top speednya mantap.
Untuk menjaga kualitas dan kenyamanan masyarakat, Honda membuka bengkel resmi yang tersebar di seluruh pelosok bernama Ahass. Hampir di tiap jarak 1-2 kilomter, bengkel merek Ahass mudah ditemukan. Dengan banyaknya bengkel itu, sepeda motor Honda juga menyediakan suku cadang asli.
Pada 30/11/2007 lalu, sejarah dicatat PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen serta distributor sepeda motor Honda di Indonesia. Sejarah itu adalah tercapainya produksi ke-20 juta unit sepeda motor Honda. Produk yang ke-20 juta itu Honda Supra X 125 PGM FI.
Ini tercatat dengan tinta emas sejarah otomotif di Indonesia. Bahkan di tingkat dunia, torehan yang dilakukan PT AHM menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di kawasan ASEAN mencapai produksi ke-20 juta.
Apa yang dilakukan PT AHM bukanlah peristiwa sekejap. Butuh keprofesionalan dan keseriusan mewujudkan Honda sebagai pioner indusri otomotif di tanah air. Sejarah itu dimulai pada 1971 lalu. Di pabriknya yang pertama berdiri di kawasan Sunter I, Jakarta Utara, produksi sepeda motor itu dimulai.
Dari sanalah kemudian muncul pabrik Honda baru dan jenis produk baru. Penyebabnya, karena semakin meningkatnya permintaan terhadap sepeda motor jenis Honda. PT AHM lalu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kapasitas.
Tahun 1996, PT AHM mendirikan pabrik ke-2 di Pegangsaan dan pabrik ke 3 di Cikarang tahun 2005. Dengan ke 3 pabrik itu, yang ditunjang oleh tenaga kerja yang handal serta fasilitas mesin-mesin produksi mutakhir, mampu menghasilkan 3 juta unit sepeda motor Honda setiap tahunnya.
Dengan demikian, 36 tahun lamanya Honda melayani masyarakat. Honda mengantarkan petani pergi ke sawah. Honda juga mengantarkan seorang ayah pergi ke tempat kerja. Mengantarkan istri ke pasar atau anak-anak pergi ke sekolah dan juga mengangkut barang-barang.
Pencapaian ini tidak mudah diraih dan tidak dalam waktu sekejap. Butuh keprofesionalan dan keseriusan dalam berbuat serta menjaga kepercayaan masyarakat. PT AHM merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia.
Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, di jalan raya dan di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin “bandel” dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis. Tidak heran, jika harga jual kembali tetap tinggi.
Astra memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jualnya sehingga brand Honda semakin unggul.
Komitmen AHM melalui produk dan segala aktifitasnya, membawa misi yang tidak pernah berubah yaitu sebagai perusahaan yang selalu dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Karena kepercayaan masyarakat yang selalu terjaga itu, PT AHM kerap dianugerahi penghargaan. Pada   18/07/2007, PT AHM mendapat penghargaan The Best Corporate Image kategori kendaraan rod-2 dari “The 7th Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) Award 2007.
Penghargaan dari Majalah BusinessWeek dan Frontier Consulting Group ini diserahkan langsung oleh Chairman of Frontier Consulting Group, Handi Irawan dan Managing Editor Business Week Indonesia, Andrianto Soekarnen kepada Marketing Director AHM, Johannes Loman.
Penghargaan yang diberikan sejak tahun 2004 tersebut, diukur berdasarkan beberapa dimensi. Tolok ukur pertama adalah kualitas yang meliputi kualitas perusahaan dalam memberikan perhatian kepada pelanggan, kualitas produk, pelayanan yang diberikan, kepercayaan dari stakeholders dan inovasi.
Tolok ukur ke-2, kinerja dan ke-3 tanggung jawab yang meliputi tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Tolok ukur terakhir yakni daya tarik perusahaan yang terdiri dari kemampuan perusahaan untuk dapat menarik calon karyawan yang memiliki kemampuan dan keahlian yang terbaik.
Penilaian itu melibatkan > dari 100 perusahaan di Indonesia. Ikut terlibat di dalamnya sebanyak 1.420 responden yang terdiri dari jurnalis, investor, high level executive dan publik yang tersebar di Jakarta dan Surabaya. Penghargaan itu, upah dari konsistensi dalam menjaga metodologi pengukuran yang fair dan akurat.

Posting Komentar

 
Top